MEMBACA BISMILLAH

 بسم الله الرحمن الرحيم
Bismillah, perkataan yang kita ucapkan setiap akan memulai kegiatan mulia. dengan nama Allah kita memulai nafas kita, detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, dan pada setiap detail kehidupan kita. Mengharapkan ridho dan berkah-Nya.

Ucapkanlah bismillah dalam setiap amalan agar amalan tersebut berberkah dan bernilai ibadah. Rosulullah –sholallahu ‘alaihi wasallam- bersabda :
كل أمر ذي بال لم يبدأ فيه باسم الله فهو أبتر

Artinya : "Setiap amalan yang terdapat kepentingan didalamnya jika tidak dimulai dengan (menyebut) nama Allah maka terputus." (HR Abu Daud dan An-Nasai)

Setiap amalan, baik itu yang bersifat ibadah atau rutinitas yang memiliki kepentingan jika tidak diawali dengan nama Allah maka tidak akan mendapatkan berkah atau kurang berkahnya.

Seperti makan misalnya, makan adalah rutinitas yang kita lakukan setiap hari, bahkan 3 kali sehari. Ketika kita makan tanpa mengucapkan basmalah terlebih dahulu, maka makanan yang kita makan akan kurang berkahnya atau mungkin sama sekali tidak ada berkahnya. Akibatnya makanan yang kita makan tidak akan menguatkan badan kita untuk menjalankan aktifitas seperti bekerja dan beribadah. Bahkan yang lebih buruk lagi, bisa mengakibatkan penyakit dalam tubuh kita.

Tidur, ketika kita tidak mengawalinya dengan nama Allah dan dengan adab-adab yang Rosulullah –sholallahu ‘alaihi wasallam- ajarkan. Bisa jadi menyebabkan badan lesu dan kurang bersemangat. Pekerjaan menjadi terhambat. Dan ibadah pun menjadi kurang maksimal. Dan masih banyak lagi amalan dan rutinitas yang sewajarnya kita selalu mengawalinya dengan mengucapkan nama-Nya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls